Thursday, February 11, 2010

10 Tip Agar Sehat Di Kantor Kita

Mungkin sebagian besar dari kita tak pernah menyadari, betapa tak sehatanya pola hidup kita saat berada di Kantor. Bayangkan aja, sekitar delapan jam kita duduk di kursi di depan komputer kita, selama lima hari dalam seminggu, tentu ini membawa resiko bagi kesehatan kita. 
Akibat duduk berjam-jam ini, mata kita jadi tegang, otot leher kaku, ditambah pula lemak menumpuk di bagian perut akibat camilan yang ditawarkan teman kerja setiap hari. Gak sehat banget kan?

Nah berikut  ada 10 tips untuk menjaga kesehatan selama di tempat kerja seperti yang dilansir di situs www.untukku.com,
  1. Camilan yang disediakan teman kerja kita di mejanya dapat menambah ribuan kalori, jika tak berhati-hati itu akan merusak diet, dan menambah berat badan. Jadi jika kita tahu seseorang memiliki permen atau cokelat di mejanya, tipnya kelilingilah ke meja teman. Ini untuk menjauhkan diri dari godaan, demikian saran dokter gigi di American Dietetic Association. Istirahatlah sejenak, ambil nafas panjang, dan hapus keinginan untuk menyantap makanan manis. Jika lapar, lebih baik bawalah bekal buah-buahan dari rumah.
  2. Minum banyak air – 10 gelas tiap hari – akan membantu menjaga kita tetap hidrat. Buat rencana untuk menyukseskan program ini: bawa 1 botol besar air mineral ke kantor, habiskan satu botol hingga saat makan siang, lalu isi lagi dan habiskan hingga pukul 3 sore, dan pada pukul 5 sore habiskan botol ketiga. Atau bisa juga memasang alaram di komputer untuk mengingatkan saatnya ambil minum. Selain itu, banyak pula makanan yang kaya kandungan air, seperti jeruk, anggur, semangka dan apel. Menyantap makanan ini sambil bekerja, selain membuat kita sehat juga membantu Anda hidrat.
  3. Satu yang paling penting yang dapat kita lakukan agar tetap sehat dan langsing adalah olahraga. Berjalan kaki saat makan siang adalah gagasan bagus untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Pasalnya jalan kaki bukan hanya membakar kalori, tapi bisa meredakan stress dan refreshing.
  4. Menyantap makanan siang yang sehat merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tapi makan dengan porsi yang masuk akal merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan. Jadi selain menyantap makanan sehat, juga perhatikan porsi makan kita, jangan sampai makan terlalu banyak dan lalu hanya duduk di kursi sepanjang sore atau jangan pulan makan terlalu sedikit hingga kita kurang asupan nutrisi.
  5. Tension neck syndrome (TNS) atau sakit dibagian leher dapat terjadi saat otot-otot bagain leher dan pundak atas tak tepat, atau salah posisi dalam waktu lama, demikian menurut National Institute of Environmental Health Sciences. Biasanya ini dialami oleh pekerja yang bertugas menerima telepon hampir sepanjang hari atau mengetik selama berjam-jam. Untuk menghindari leher sakit dalam jangka lama, seorang profesor ergonomics – yang mempelajari hubungan manusia dan mesin – di Universitas Cornell, menyarankan bagi pekerja yang bertugas menerima telepon sebaiknya menggunakan speakerphone, penyangga bahu atau menggunakan headset saat menerima telepon.
  6. Ketegangan mata merupakan masalah lain yang diakibatkan terlalu lama duduk di depan komputer. Ketegangan mata dapat menyebabkan sakit kepala, susah fokus, dan menambah sensitifitas pada cahaya, demikian menurut ahli dari Universitas California. Jadi sebaiknya jika kita tak dapat membaca tulisan di layar komputer dari jarak jauh, lebih baik perbesar ukuran hurufnya.
  7. Tips yang kerap kali kita dengar adalah melakukan liburan. Memang pada kenyataanya, melakukan liburan sangat berguna untuk meredakan diri dari kesibukan, pun membantu mengisi kembali ‘baterai’ kita. Liburan juga bermanfaat untuk mengurangi stress dan membuat pikiran berhenti bekerja, khusunya jika kita memiliki konflik, demikian juga saat memiliki masalah dengan bos, rekan kerja atau proyek yang kita kerjakan. Stres dapat berimbas pada kesehatan, seperti melemahkan sisitem imun dan meningkatkan resiko sakit. Jadi, mengurangi tingkat stres adalah inti permasalahnnya, dan satu-satunya yang paling manjur untuk maslaah ini adalah liburan, demikian jelas presiden Business Psychology Consulting.
  8. Cara lain untuk menjaga kesehatan di tempat kerja adalah menghindari mengulur waktu lebih lama. Bisanya orang fokus pada tugas masing-masing dan berusaha menyelesaikan proyek tersebut. Tapi mereka tak menyadari kalau itu mempengaruhi kesehatan, demikian menurut persiden Business Psychology Consulting. Para pekerja keras biasanya baru menyadari saat mengalami stress dalam tingkat tinggi, yang mulai mempengaruhi hubungan serta mood mereka. Stres semacam ini biasanya disebabkan oleh kondisi yang terlalu lelah. Kelelahan dapat juga mempengaruhi sistim imun seseorang, begitu pula dapat menyebabkan gangguan tidur atau gangguan konsentrasi.
  9. Keyboard, mouse dan telepon yang biasa digunakan bisa jadi sarang ribuan kuman yang menungu untuk membuat kita sakit. Jadi basmi dengan obat anti kuman. Menurut Science Daily, peneliti di 100th General Meeting of the American Society for Microbiology melaporkan kalau virus dapat bertahan selama berjam-jam hingga berhari-hari di permukaan kasar. Seperti rotavirus (yang menyebabkan diare) biasanya berada di permukaan penerima telepon, yang menularkan penyakit pada orang lewat telepon. National Consumers League menyarankan untuk selalu membersihkan obyek ini dengan pembersih anti kuman atau semprot dengan pembersih yang sudah terbukti mampu membasmi semua jenis kuman.
  10. Hal apa yang paling penting untuk kita lakukan supaya tetap sehat di tempat kerja? Menurut Business Psychology Consulting, langkah paling penting untuk menjaga kesehatan di tempat kerja adalah kesadaran diri. Mengetahui diri sendiri dan batas yang kita miliki. Tahu kapan saatnya istirahat dan kapan waktunya mengambil libur. Dan jangan lupa berolah raga, yang selama ini terbukti membantu secara fisik dan mental, lakukan saat di kantor dan di rumah.

Ternyata banyak hal yang bisa membuat kita jatuh sakit di tempat kerja, kadang kita jarang memikirkan hal-hal yang paling sederhanapun saat sedang sibuk melakukan pekerjaan. Semoga tips yang disampaikan ini bermanfaat, selamat mencoba!

Comments :

0 comments to “10 Tip Agar Sehat Di Kantor Kita”

Post a Comment

Kategori Tip

CO.CC:Free Domain
Adsense Indonesia
 

Copyright © 2009 by Di Sini Kita Berbagi