Thursday, February 4, 2010

Tip Mengatasi Global Warming Dalam Lingkungan Pekerjaan


Global Warming, semua pada tahu kan? Makhluk yang satu ini sudah menghantui dunia abad-21 akhir-akhir ini. Semua orang bisa merasakan efeknya yang dahsyat. Banjir, karena intensitas hujan yang tinggi, suhu bumi yang meningkat karena lapisan ozon yang menipis. Dan lain-lain, menjadikan makhluk di seantero bumi ini kalang kabut. Film 2012 besutan Hollywood pun bisa dibilang menunjukkan kepanikan warga bumi atas global warming alias pemanasan global ini.
Yuk, ikut berperan menanggulangi global warming demi bumi kita, dan kita sendiri. Inilah langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi global warming dalam lingkungan pekerjaan kita:
  1. Makan siang dikantor. Jika kita sering makan diluar kantor dengan bungkusan dan rutin, lebih baik jika Kita membeli kotak makan atau tempat minum yang kuat dan bisa dipakai berulang kali. Hindari media bungkus plastik atau stereofoam (Berasal dari minyak bumi dan susah untuk diuraikan).
  2. Gunakan kertas lebih sedikit. Gunakan e-mail internal Kita dan software perkantoran untuk membuat laporan internal. Cetaklah laporan/presentasi hanya jika diperlukan untuk melakukan kesepakatan dengan pihak luar.
  3. Matikan peralatan kantor Kita. Matikan dari sumbernya. Jangan dibuat stand by, matikan UPS dan trafo. Jika perlu cabut dari sumber listriknya.
  4. Gunakan e-banking. Alihkan tagihan kartu kredit Kita melalui penagihan lewat e-mail, beberapa bank di Indonesia sudah dapat melakukannya. Bank-bank di Indonesia saat ini umumnya telah menyediakan fasilitas e-banking yang sangat lengkap. Kita bisa melakukan hampir semua transaksi pembayaran, transfer, pembelian voucher, dan lain-lain melalui internet banking, bahkan mobile banking. Memaksimalkan penggunaan e-banking akan menghemat banyak waktu dan biaya Kita. Kita telah menghemat dan meyelamatkan banyak pohon dan konsumsi CO2 untuk proses pembuatan kertas. Kita juga menghemat sangat banyak konsumsi BBM yang dibutuhkan untuk pergi ke bank atau ke ATM. Mulailah belajar untuk menggunakan e-banking bila Kita belum biasa untuk menggunakannya. Jangan mengkhawatirkan masalah keamanan karena teknologi pengamanan jaringan perbankan saat ini sudah sangat canggih. Tidak akan ada masalah dalam hal keamanan apabila Kita mengikuti dengan baik cara-cara dan panduan yang disarankan untuk melakukan transaksi online dengan aman.
  5. Bagi industri, mulailah untuk menggunakan sumber energi yang dapat diperbaharui (tenaga angin, air, surya, dll). Gunakan peralatan yang hemat listrik dan hemat energi, serta buatlah kebijakan/peraturan penghematan energi dan sumber daya di perusahaan Kita. Pilihlah teknologi yang ramah lingkungan, dan lakukanlah manajemen yang baik untuk menangani limbah industri Kita.Edukasi karyawan Kita untuk terbiasa bertanggung jawab dalam penggunaan energi dan sumber daya perusahaan. Tingkatkanlah kesadaran mereka mengenai kecintaan terhadap lingkungan, tidak dengan hanya membuat peraturan dan hukuman.Berkontribu silah bagi perlindungan dan keselamatan lingkungan sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan Kita. Lakukanlah program penanaman pohon, pembersihan lingkungan, dll. Pada akhirnya hal tersebut juga akan memberikan keuntungan bagi perusahaan Kita karena citra perusahaan Kita akan terangkat sebagai perusahaan yang beradab dan berbudaya.
Lihat pula tip-tip berikut untuk mengatasi global warming sesuai poinnya...!
- Tip Mengatasi Global Warming dari Alat Kebersihan 

Comments :

0 comments to “Tip Mengatasi Global Warming Dalam Lingkungan Pekerjaan”

Post a Comment

Kategori Tip

CO.CC:Free Domain
Adsense Indonesia
 

Copyright © 2009 by Di Sini Kita Berbagi