Thursday, February 4, 2010

Tip Mengatasi Global Warming, Lakukan dari Hal-hal yang Kecil

Global Warming, semua pada tahu kan? Makhluk yang satu ini sudah menghantui dunia abad-21 akhir-akhir ini. Semua orang bisa merasakan efeknya yang dahsyat. Banjir, karena intensitas hujan yang tinggi, suhu bumi yang meningkat karena lapisan ozon yang menipis. Dan lain-lain, menjadikan makhluk di seantero bumi ini kalang kabut. Film 2012 besutan Hollywood pun bisa dibilang menandakan kepanikan warga bumi atas global warming alias pemanasan global ini.

Kita harus menanggulangi masalah ini coz ini masalah kita bersama sebagai warga bumi. Memang sih, ada banyak aksi yang telah diusahakan untuk menghambat laju pemanasan global ini seperti konferensi tingkat tinggi atau KTT yang baru-baru ini dilaksanakan di Copenhagen yang ngebahas komitmen pengurangan penggunaan emisi gas polutan. Tapi itu dirasa tidak cukup alias gak akan efektif. Karena yang paling penting adalah kesadaran penduduk bumi untuk mencegah global warming. Kita juga harus ikut menjaga lingkungan kita sendiri. Hal sekecil apa pun bisa berdampak besar untuk lingkungan kita. 

So, mari kita jaga bumi tempat kita berpijak ini and take action for this tips. Mudah ko, kalaupun sulit, usahakan! Kan, itu juga demi kita sendiri. Inilah tip-tipnya:
  1. Hemat air. Jangan berlama-lama ketika mandi. Ingat! Hemat air bisa mengurangi efek global warming.
  2. Di rumah suka menggunakan mesin cuci? Jangan gunakan mesin pengeringnya. Lumayan kan bisa hemat CO2 sampai 300kg/tahun.
  3. Sering laundry baju di binatu? Sebaiknya tolak plastik pembungkusnya. Atau khusus pesanan kamu, minta dimasukan ke kantong yang bisa dipake berulang-ulang. Mengurangi penggunaan plastik, juga membantu mengurangi Global Warming, loh.
  4. Pilih TV flat screen monitor dibandingkan monitor tabung. Selain hemat energi, bikin mata tidak cepat lelah juga.
  5. Finish your food! Jangan pernah sisakan makanan, karena sisa makanan merupakan sumber sampah yang besar. Jadi, pesan makanan sesuai kemampuan kita.

Lihat pula tip-tip berikut untuk mengatasi global warming sesuai poinnya...!
 
(sumber: e-book global warming)

Comments :

0 comments to “Tip Mengatasi Global Warming, Lakukan dari Hal-hal yang Kecil”

Post a Comment

Kategori Tip

CO.CC:Free Domain
Adsense Indonesia
 

Copyright © 2009 by Di Sini Kita Berbagi